.quickedit{ display:none; }

welcom

selamat datang di blog ini,,,,, dan tolon berikan pesan dan kritik
karena kritik dan saran anda adalah petunjuk untuk perbaikan blog ini.

Sabtu, 07 Januari 2012


MATAKULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM


unesssaaaa
 








Oleh :

Udin Bahtiar
086464072
2008 / B
JURUSANPENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN REKREASI
FAKULTASILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERISURABAYA
2011

KATA PENGANTAR
Assalamualaikum warah matullahi wabarakatuh.
Syukur Alhamdulillah kami haturkankeharibaan Allah SWT, Sang Maha pencipta alam semesta, manusia, dan kehidupanbeserta seperangkat aturan-Nya, karena berkat limpahan rahmat, taufiq, hidayahserta inayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas makalah ini dengan judul: KTSP tepat pada waktunya. Tugasini disusun untuk melengkapitugas mata kuliahPengembangan Kurikulum.Sholawat serta salam semoga tetap terlimpahkan pada junjungan kita nabi agung,nabiyullah Muhammad SAW yang menuntun kita menuju jalan yang lurus.
Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasaih kepada Bapak Suroto selaku dosen mata kuliah Pengembangan Kurkikulum serta semua pihak yang telah membantu penyelesaiantugas makalah ini baik secara langsung maupun tidaklangsung.
Demikian pengantar yang dapat saya sampaikan, saya pun sadar bawasannyapenulis hanyalah seorang manusia yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangandalam penulisan dan penyusunun tugas makalah ini, sehingga tugas makalah ini masih jauh dari kata sempurnasedangkan  kesempurnaan hanya milik AllahSWT, oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif akan senantiasa penulisnanti dalam upaya evaluasi diri.
Akhirnya kami berharap dibalik ketidaksempurnaan penulisan dan penyusunan tugas makalah ini dapat ditemukan suatu yang memberikan manfaatbagi penulis  dan  pembaca sekalian. 


                 Wassalalam,
                                                                                                   Surabaya, 10 Maret 2011  

                       Penulis

PENDAHULUAN
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)adalah sebuah kurikulumoperasional pendidikanyang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia. KTSP secarayuridis diamanatkan oleh Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PeraturanPemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar NasionalPendidikan. Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai tahun ajaran 2007/2008dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar KompetensiLulusan (SKL) untuk pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yangditerbitkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006, serta Panduan Pengembangan KTSP yangdikeluarkan oleh BSNP.
Padaprinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namunpengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolahitu sendiri. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan,struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan,dan silabus. Pelaksanaan KTSP mengacu pada PermendiknasNomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.
Standar isiadalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalampersyaratan kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian kompetensi matapelajaran, dan silabus pembelajaranyang harus dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi merupakan pedomanuntuk pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memuat:
  • kerangka dasar dan struktur kurikulum,
  • beban belajar,
  • kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan di tingkat satuan pendidikan, dan
  • kalender pendidikan.
SKL digunakansebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuanpendidikan. SKL meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompokmata pelajaran. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yangmencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasionalyang telah disepakati.
PemberlakuanKTSP, sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan Menteri Pendidikan NasionalNo. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL, ditetapkan oleh kepalasekolah setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah. Dengan katalain, pemberlakuan KTSP sepenuhnya diserahkan kepada sekolah, dalam arti tidakada intervensi dari Dinas Pendidikan atau Departemen Pendidikan Nasional.Penyusunan KTSP selain melibatkan guru dan karyawan juga melibatkan komitesekolah serta bila perlu para ahli dari perguruan tinggi setempat. Denganketerlibatan komite sekolah dalam penyusunan KTSP maka KTSP yang disusun akansesuai dengan aspirasi masyarakat,situasi dan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat.
















PEMBAHASAN
Pengertian KTSP
KTSP adalah kurikulum operasionalyang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikandengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkanBadan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).
Konsep Dasar KTSP
Dalam StandarNasonal Pendidikan (SNP Pasal 1, ayat 15) dikemukakan bahwa Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dandilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Penyusunan KTSP dilakukanoleh satuan pendidikan dengan memperhatikan dan berdasarkan standar kompetensiserta kompetensi dasar yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan(BSNP).
KTSP disusundan dikembangkan berdasarkan Undang-undagn No. 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional pasal 36 ayat 1), dan 2) sebagai berikut.
  1. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional  pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  2. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.
Beberapa halyang perlu dipahami dalam kaitannya dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan(KTSP) adalah sebagai berikut:
  • KTSP dikembangkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi dan karakteristik daerah, serta social budaya masyarakat setempat dan peserta didik.
  • Sekolah dan komite sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, dibawah supervise dinas pendidikan kabupaten/kota, dan departemen agama yang bertanggungjawab di bidang pendidikan.
  • Kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk setiap program studi di perguruan tinggi dikembangkan dan ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
KTSPmerupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yangefektif, produktif, dan berprestasi. KTSP merupakan paradigma baru pengembangankurikulum, yang otonomi luas pada setiap satuan pendidikan, dan pelibatanpendidikan masyarakat dalam rangka mengefektifkan proses belajar-mengajar disekolah. Otonomi diberikan agar setiap satuan pendidikan dan sekolah meilikikeleluasaan dalam megelola sumber daya, sumber dana, sumber belajar dan mengalokasikannyasesuai dengan prioritas kebutuhan, serta lebih tanggap terhadap kebutuhansetempat.
KTSP adalahsuatu ide tentang pengembangan kurikulum yang diletakan pada posisi yang palingdekat dengan pembelajaran, yakni sekolah dan satuan pendidikan. Pemberdayaansekolah dan satauan pendidikan dengan memberikan otonomi yang lebih besar, disamping menunjukan sikap tanggap pemerintah terhadap tuntunan masyarakat jugamerupakan sarana peningkatan kualitas, efisisen, dan pemerataan pendidikan.KTSP merupakan salah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomikepada sekolah dan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuaidengan potensi, tuntunan, dan kebutuhan masing-masing. Otonomi dalampengembangan kurikulum dan pembelajaran merupakan potensi bagi sekolah untukmeningkatkan kinerja guru dan staf sekolah, menawarkan partisipasi langsungkelompok-kelompok terkait, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadappendidikan, khususnya kurikulum. Pada sistem KTSP, sekolah memiliki “full authorityand responsibility” dalam menetapkan kurikulum dan pembelajaran sesuai denganvisi, misi, dan tujuan tersebut, sekolah dituntut untuk mengembangkan strategi,menentukan prioritas, megendalikan pemberdayaan berbagai potensi seklah danlingkungan sekitar, serta mempertanggunngjawabkannya kepada masyarakat danpemerintah.
Dalam KTSP,pengembangan kurikulm dilakukan oleh guru, kepala sekolah, serta Komite Sekolahdan Dewan Pendidikan. Badan ini merupkan lembaga yang ditetapkan berdasarkanmusyawarah dari pejabat daerah setempat, komisi pendidikan pada dewanperwakilan rakyat daerah (DPRD), pejabat pendidikan daerah, kepala sekolah,tenaga pendidikan, perwakilan orang tua peserta didik, dan tokoh masyarakat.Lembaga inilah yang menetapkan kebijakan sekolah berdasarkanketentuan-ketentuan tentang pendidikna yang berlaku. Selanjutnya komite sekolahperlu menetapkan visi, misi, dan tujuan sekolah dengan berbagai implikasinyaterhadap program-program kegiatan opersional untuk mencapai tujuan sekolah.

Tujuan KTSP
Secara umumtujuan diterapkannya KTSP adalah unutk memandirikan dan memberdayakan satuanpendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan danmendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatifdalam pengembangan kurikulum.
Secara khusus tujuanditerapkannya KTSP adalah untuk:
  1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemnadirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia.
  2. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangankan kurikulum melalui pengembalian keputusan bersama.
  3. Meningkatkan kompetesi yang sehat antar satuan pendidikan yang akan dicapai.
Memahamitujuan di atas, KTSP dapat dipandang sebagai suatu pola pendekatan baru dalampengembangan kurikulum dalam konteks otonomi daerah yang sedang digulirkansewasa ini. Oleh Karen itu, KTSP perlu diterapkan oleh setiap satuan pendidikn,terutama berkaitan dengan tujuh hal sebagi berikut.
  1. Sekolah lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi dirinya sehingga dia dapat menoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang tersedia untuk memajukan lembaganya.
  2. Sekolah lebih mengetahui kebutuhan lembaganya, khususnya input pendidikan yang akan dikembangkan dan didayagunakan dalam proses pendidikan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
  3. Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sekolah lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan seklah karena pihak sekolahlah yang paling tahu apa yang terbaik bagi sekolahnya.
  4. Keterlibatan semua warga seklah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum menciptakan transparansi dan demokrasi yang sehat, serta lebih efesien dan efektif bilamana dikontrol oleh masyarakat sekitar.
  5. Sekolah daapt bertanggung jawab tentang mutu pendidikan masing-masing kepada pemerintah, orangtua peserta didik, dam masyarakat pada umumnya, sehingga dia akan berupaya semaksimalkam mungkin unutk melaksanakna dan mencapai sasaran KTSP.
  6. Sekolah dapat melakukan persaingan yang sehat dengan sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui upaya-upaya inovatif dengan dukungan orangtua peserta didik, masyarakat, dan pemerintah daerah setempat.
  7. Sekolah dapat secara cepat merespon aspirasi masyarakat dan lingkungan yang berubah dengan cepat, serta mengakomodasikannya dalam KTSP.
Landasan KTSP
  1. UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
  4. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  5. Permendiknas No. 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan Permendiknas No. 22 dan 23 Tahun 2006
Ciri-ciri KTSP
  1. KTSP memberi kebebasan kepada tiap-tiap sekolah untuk menyelenggarakan program pendidikan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah, kemampuan peserta didik, sumber daya yang tersedia dan kekhasan daerah.
  2. Orang tua dan masyarakat dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
  3. Guru harus mandiri dan kreatif.
  4. Guru diberi kebebasan untuk memanfaatkan berbagai metode pembelajaran.

CARAMENYUSUN KTSP dan SILABUS YANGBENAR.
UntukMenyusun KTSP yang benar dari nara sumber, saya hanya mendapatkan formatsusunan KTSP saja, karena untuk menyusun KTSP harus melibatkan banyak unsurdari Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Kepala Program Studi hingga Guru MataPelajaran. Yang membuat saya berkesan adalah di akhir sesi hari pertama, yaitupara peserta pelatihan masing-masing langsung praktek menyusun silabus sesuaidengan kiat-kiat yang diberikan oleh Nara Sumber.
Silabus merupakan penjabaran standarkompetensi, Kompetensi dasar dan indikator ke dalam materi pokok/pembelajaran,kegiatan pembelajaran dan pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Cara menyusunnya :
  1. KD (Kompetensi Dasar) dituliskan dengan memakai Kata Kerja + Kata Benda, sehingga rumusnya adalah KD=KK + KB
  2. Indikator dituliskan dengan memakai Kata Kerja Operasional + Materi Essensial.
  3. Materi Pokok adalah Kata Benda yang ada pada masing-masing Kompetensi Dasar (KD).
  4. Kegiatan Pembelajaran isinya harus merupakan kegiatan siswa dan life skill yang terkait dengan kegiatan pembelajarannya, dan tidak perlu menggunakan kata-kata siswa dapat, tapi langsung pada kegiatan siswa.
  5. Penilaian diisikan dengan jelas jika tes tertulis terdiri dari apa sajakah tertulisnya sesuaikan dengan uraian pada kolom indikator, apakah bisa ESSAY, PILIHAN GANDA, PENYUSUNAN LAPORAN atau lainnya yang sifatnya tertulis. Jika Tes-nya berbentuk Lisan demikian pula tes lisan nya apa saja.
  6. Alokasi Waktu, biasanya menggunakan rumus perbandingan 1 2 4 yaitu pada TM (Tatap Muka) dikalikan 1 pada PS (Praktek di Sekolah) dikalikan 2 dan pada PI (Praktek di Industri) dikalikan 4
  7. Sumber Belajar wajib dituliskan lengkap Judul Buku, Modul apa, yang ke-berapa serta Pengarang dan Penerbitnya.





DAFTAR PUSTAKA
Sumber Buku: Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,(Bandung; Remaja Rosdakarya, 2007)

kata kata mutiara


Kita menilai diri dari apa yang kitapikir bisa kita lakukan, padahal orang lain menilai kita dari apa yang sudah kitalakukan. Untuk itu apabila anda berpikir bisa, segeralah lakukan
Bukan pertumbuhan yang lambat yangharus anda takuti. Akan tetapi anda harus lebih takut untuk tidak tumbuh samasekali. Maka tumbuhkanlah diri anda dengan kecepatan apapun itu.
Jika anda sedang benar, jangan terlaluberani dan bila anda sedang takut, jangan terlalu takut. Karena keseimbangansikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan anda
Tugas kita bukanlah untuk berhasil.Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukandan belajar membangun kesempatan untuk berhasil
Anda hanya dekat dengan mereka yanganda sukai.  Dan seringkali andamenghindari orang yang tidak anda sukai, padahal dari dialah Anda akan mengenalsudut pandang yang baru
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadipemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilikmasa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangipencapaian kecemerlangan hidup yang di idamkan.  Dan berhati-hatilah, karena beberapakesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan
Jangan menolak perubahan hanya karenaanda takut kehilangan yang telah dimiliki, karena dengannya anda merendahkannilai yang bisa anda capai melalui perubahan itu
Anda tidak akan berhasil menjadipribadi baru bila anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara lama anda. Andaakan disebut baru, hanya bila cara-cara anda baru
Ketepatan sikap adalah dasar semuaketepatan. Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap anda tepat, dan tidakada yang bisa menolong bila sikap anda salah
Orang lanjut usia yang berorientasi padakesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua ; tetapi pemuda yangberorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda
Hanya orang takut yang bisa berani,karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakutinya. Maka, bila merasatakut, anda akan punya kesempatan untuk bersikap berani
Kekuatan terbesar yang mampumengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. Anda akanmenjadi lebih damai bila yang anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahuimengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahuikeburukan yang kemudian anda dapat
Seseorang yang menolak memperbaruicara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yangterus memeras jerami untuk mendapatkan santan
Bila anda belum menemkan pekerjaan yangsesuai dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan anda sekarang. Anda akantampil secemerlang yang berbakat
Kita lebih menghormati orang miskinyang berani daripada orang kaya yang penakut. Karena sebetulnya telah jelasperbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai
Jika kita hanya mengerjakan yang sudahkita ketahui, kapankah kita akan mendapat pengetahuan yang baru ? Melakukanyang belum kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan
Jangan hanya menghindari yang tidakmungkin. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin,anda akan bisa mencapai yangterbaik dari yang mungkin anda capai.
Salah satu pengkerdilan terkejam dalamhidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yangmalas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Bila anda mencari uang, anda akandipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik.Tetapi jika anda mengutamakanpelayanan yang baik, maka andalah yang akan dicari uang
Waktu ,mengubah semua hal, kecualikita. Kita mungkin menua dengan berjalanannya waktu, tetapi belum tentumembijak. Kita-lah yang harus mengubah diri kita sendiri
Semua waktu adalah waktu yang tepatuntuk melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi orang tua yang masihmelakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda.
Tidak ada harga atas waktu, tapi waktusangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapimenggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan
Harapan adalah penghubung antara sepedih-pedihnyakeadaan dengan seindah-indahnya kesyukuran.Engkau yang tetap berharapdalam kesulitan, akan menemukan celah yang mengeluarkanmu danmemulihkan jiwamu.Maka janganlah engkau menghapus harapan dari hatimu,karena ia adalah perajut serat kekuatan hatimu.Engkau yang menggunakanharapanmu  untuk menahan tangis dalam kepedihanmu, semoga Tuhansegera mengangkatmu keluardan memanjakanmu dalam kedamaian dan kesejahteraan.
Ngkau disebut kuat bukan karenabadanmu kuat, tapi karena hatimu yang sedang dikecilkan dan bersedihitu, tetap bertahan dan menyabarkan diri. Apapun yang terjadikepadamu, akan tetap menjadi sesuatu yang menguatkanmu, 
jika engkau tidak mengijinkannya untuk melemahkanmu.Tidak ada orangbisa disebut lemah, selama dia memilih untuk bersikap baik, melakukan yangbaik, dan mensyukuri hubungan yang baik dengan sesamanya.
Mengetahui betapaberhaganya waktu ;
Ambil,dekap, dan nikmati setiap saatnya.tak ada waktuuntu berpangku tangan, tak ada yang ditunda, tak ada sesuattu yang sengajaditunda untuk dilakukan; jangan pernah menunggu sampai besok untuk melakukansesuatu yang bisa kau lakukan hari ini.
Teruslah percaya bahwadengan segenap perasaan dan usaha, kau telah ikut serta dalam hal hal yanghebat , semakin kuat kau tanamkan kepercayaan ini dalam dirimu, semakin pastikenyataan dan dunia ini menuju arah yang lebih baik
Orang yang selalumerasa dirinya salah dan dikorbankan, adalah orang yang keras kepala dan tidakterbuka pikiranya

Orang orang selalumenyalahkan keadaan. Aku tidak percaya akan hai ini . mereka yang hidup diduniaini adalah mereka yang berdiri tegak dan mencari keadaan yang merekainginkan  dan jika mereka  tak berhasil menentukanyan, merekamenciptakan keadaan tersebut.
Semangat  yang tinggi dalam hidup dapat diraih denganmemendang kedepan .Dunia ini begitu menyenangkan, dipenuhi berjuta kesempatan.Saat saat penting menunggu disetiap sudutnya.
Jangan pernah patahsemangat karena kegagalan . bisa jadi ini merupakan pengalaman yang positif .kegagalan adalah maknanya disini, jalan menuju keberhasilan . kesalahan akanmembuat kita berusaha mencari yang benar, dan setiap pengalaman akan menunjukanpada kita bentuk bentuk kesalahan yang nantinya akan berusaha kita hindari.

Bila anda mencari uang, anda akandipaksa
mengupayakan pelayananyang terbaik.
Tetapi jika andamengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yangakan dicari uang
Waktu ,mengubah semua hal, kecualikita. Kita
mungkin menua denganberjalanannya waktu,
tetapi belum tentumembijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kitasendiri
Semua waktu adalah waktu yang tepatuntuk
melakukan sesuatu yangbaik. Jangan menjadi
orang tua yang masihmelakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukansaat muda.
Tidak ada harga atas waktu, tapi waktusangat
berharga. Memilik waktutidak menjadikan kita
kaya, tetapimenggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semuakekayaan
Orang yang tujuan utama dari hidupnyaadalah uang, berlaku seperti mengalir kan air kepadang pasir dan berharapakanmenjadi danau.
Jika kita menginginkan yang luar biasa,janganlah hanya bersedia melakukan yang biasa-biasa.

Jika kebaikan berkuasa dalam cinta, maka harapkanlah kehidupan…seindah surga yang akan dibangun oleh cinta dan kesetiaan antara keduanya.

Tapi,
Jikakeburukan yang memimpin, maka bersiap siaplah bagi kehidupan yang pedih karenadikoyak oleh nafsu dan dihinakankan oleh pengkhianatan.
Hentikanlah kebiasaanmu membandingkankekuranganmu dengan kelebihan orang lain.

JIKA kehidupan ini BISA diulangi,
saya akan mengulangi semua
kesalahan saya dulu, LEBIH AWAL,
sehingga saya bisa
mencapai kebijakan lebih awal,
dan bebas menghadapi kesalahan baru.

Karena,

Orang yang tak pernah membuat kesalahan,
biasanya salah seumur hidup.

Janganlah pengejaran orang lain
…kau jadikan penentu arah hidupmu.

Janganlah juga keberhasilan orang lainmenjadikanmu jiwa baik yang merasa tertinggal.
Ikhlaslah menerima diri baik-mu hariini sebagai titik awal pertumbuhan kehebatan hidupmu sendiri.
Orang yang membenci ambisi adalahmereka yang merasa terlukai dan direndahkan oleh ambisi orang lain.
Kekecewaan adalah kekuatan yang seharusnyamenjadikan Anda berlaku lebih tegas untuk tidak dikecewakan lagi.
Sepotong ketela lapuk terasa lebihnikmat bagi kuli yang jujur, daripada hidangan istana bagi raja yang disiksa …olehperendahan dari langit.

Orang yang gelisah di siang hari dan sulit tidur di malam hari…adalah biasanya orang yang tidak tegas berpihak kepada kebaikannya sendiri.

Berhati-hati adalah satu kata yang menggunakan dua hati, …agarkita lebih mendengarkan maksud Tuhan daripada dorongan nafsu yang menyesatkan.

Selalu lakukanlah lebih daripada yang diharapkan dari Anda.

Keindahan itu lebih cepat datangnya,
jika kita tulus untuk segera memulai
dan setia bekerja sampai selesai.

Menunda tindakan yang baik adalahmenunda datangnya kebahagiaan, sambil berendam di dalam kegelisahan.

Kesediaan untuk memulai lagi tanpa penurunan semangat adalah penanda tinggi imanmu.

Jika Anda tidak tegas membarukan sikap,
pikiran, dan tindakan Anda;
besar kemungkinan Anda hanya akan
mengulangi kesalahan yang sama.

Masa tua yang lemah adalah hasil dari keengganan masa mudauntuk belajar menjadikan diri lebih tahu cara memenangkan kebaikan hidup, danmenjadikan diri mampu melakukan yang harus dilakukan.

Kecintaanmu kepada sesuatu yang baik
akan menciptakan bayangan-bayangan
dalam kesadaran dan tidurmu
mengenai bentuk-bentuk indahnya di masa depan.

Kemampuan menahan nafsu
adalah kebijakan yang dibutuhkan
untuk tumbuh menjadi pribadi besar
yang berwenang.

Ketegasan adalah kualitas hati
yang dirindukan oleh orang yang
telah lama membiarkan dirinya
terlantar di antara keraguan
dan ketakutan.

Perasaan terhina adalah kekuatan yang
membanting bola bekel ke lantai,
yang akan melantingkannya tinggi ke langit-langit.

Hati yang mudah terluka
adalah hati yang sedang belajar
mengenali penggunaan dari kepekaannya
terhadap keadaan dan kejadian yang
menggangu kedamaian dan haknya
…untuk berbahagia.

Pensiun yang sesungguhnya
adalah tidak harus bekerja
untuk mencari uang,
karena pendapatan rutin yang besar
dan jumlah tabungan yang cukup
…untuk membiayai pertumbuhan keluarga
dan masa tua yang damai dan sejahtera.

Negara kami tidak akan mencapai
kemandirian, kemakmuran, dan
…kekuatan sejatinya
jika sebagian besar dari rakyatnya
adalah pegawai.

Janganlah menyalahkan apa pun
untuk menutupi kelemahan Anda.

Menyalahkan kekurangan Anda,
tidak akan memaafkan ketertinggalan Anda.

Kelemahanadalah kekuatan yang belum ditemukan kegunaannya.

Keinginan asli untuk melakukan sesuatu yang baik adalah bibitpembuka tugas kekhalifahan
dalam hidup ini.